

SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS VIII
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013
SILABUS MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / Gasal
|
Kompetensi Inti*
|
|
|
Kompetensi Inti
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi Inti
3
|
:
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
Kompetensi Inti
4
|
:
|
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar**
|
Materi
Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
080201 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
080305 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk
relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
080304 Menentukan
gradien persamaan dari grafik garis lurus
080302 Menentukan
nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
080401 Membuat dan
menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
|
Operasi aljabar: Persamaan
linear dua variabel
|
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara
langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia membuat bahasa menyingkat dan
simbolik untuk memperjelas, mempermudah suatu komunikasi dsb
§ Membahas dan diskusi mempertanyakan
berbagai ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal:
apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk ekspresi
matematika, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk
ekspresi dan sebaliknya
EKPLORASI
· Melakukan pekerjaan matematika sesuai
aturan atau prosedur dan lengkap dalam penyelesaian model matematika,
melakukan algoritma berhitung secara umum, secara sungguh-sungguh secara umum
dalam menggambar dan menulis, serta secara khusus dalam mengerjakan pekerjaan
matematika seperti menggambar atau membuat sketsa grafik, sbb:
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau
diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar
§ Memberikan berbagai contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang
berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu
§ Mendiskusikan dan menjelaskan variabel,
koefisien, konstata dan derajat dari suatu ekspresi aljabar
§ Melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan, serta perkalian dan pembagian bentuk aljabar dengan koefisien
atau konstata rasional dan pecahan
§ Melakukan manipulasi aljabar tertentu
untuk menyederhanakan, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau
menunjukkan/membuktikan kesamaan antara ekspresi aljabar
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi
atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi
§ Mendeskripsikan, menggambarkan dan
menyajikan fungsi ke dalam pasangan terurut, tabel, gambar, diagram, grafik
atau ke bentuk notasi fungsi
§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri, sifat
dan karakteristik dari suatu fungsi, serta menyatakan kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berbentuk
pasangan terurut, tabel, gambar, diagram, atau grafik ke bentuk notasi fungsi
§ Berlatih menentukan nilai fungsi untuk
berbagai nilai variabel dan membuat sketsa grafiknya, serta membaca grafik
fungsi untuk menaksir nilai fungsi pada nilai variable tertentu
§ Berlatih melakukan manipulasi aljabar
tertentu untuk menyederhanakan fungsi
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi
atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan
fungsi linear satu variabel
§ Mendeskripsikan, menggambarkan dan
menyajikan fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan
menyajikannya ke dalam grafik garis lurus
§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri, sifat
dan karakteristik dari suatu persamaan garis lurus secara aljabar dan secara
geometris, serta menjelaskan sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang
grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar
§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri, sifat
dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus
§ Berlatih menentukan gradient, titik yang
dilewati, titk potong, grafik ataupun persamaan-persamaan garisnya yang
berkaitan dengan fungsi linear satu variabel
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi
atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel tertentu
§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri, sifat
dan karakteristik variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu
persamaan linear dua variabel
§ Menentukan nilai-nilai dari variabel dan
menuliskan ke dalam tabel dari persamaan linear dua variabel
§ Menentukan persamaan linear dua variabel
berdasarkan tabel nilai-nilai variabelnya serta melakukan manipulasi aljabar
tertentu untuk menyederhanakan persamaan linear dua variabel tertentu
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah
ke dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap
§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan
konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan
dengan masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan
merepresenasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model
atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, serta syarat keberlakuan
modelnya
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih
algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan linear dua
variable
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau
penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan persamaan linear dua variable
§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik
kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah berkaitan
dengan persamaan linear dua variable
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan
menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan matematika dan yang
bukan penerapan matematika, terutama berkaitan dengan bentuk atau ekspresi
aljabar
§ Menyelidiki dan menguji ketidaksamaan dua
ekspresi aljabar menggunakan contoh penyangkal
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan
relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan
menyimpulkan unsur-unsur persamaan garis lurus dari perilaku grafiknya
apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan
KOMUNIKASI
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut
siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat
kelompok
§ Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
TUGAS
§ resume
ttg pers linear
OBSERVASI
§ teliti
§ disiplin
PORTOFOLIO
§ operasi
ekspresi aljabar; pers linear dua variabel
TES
§ operasi
aljabar
§ Penyajian fungsi
§ gradien
garis lurus
§ Problem
persamaan linear dua variabel
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
||
080303 Menentukan
nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
080404
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui
menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
|
Persamaan kuadrat
|
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara
langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami misal: bagaimana persamaan kuadrat menjadi penting untuk dibahas dan
apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari, dsb
§ Membahas dan diskusi mempertanyakan
berbagai ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal:
apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk persamaan
kuadrat, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam persamaan
kuadrat dan sebaliknya
EKPLORASI
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi
atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat
§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri, sifat
dan karakteristik variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu
persamaan kuadrat
§ Menjelaskan strategi dan menentukan
solusi atau penyelesaian dari persamaan kuadrat dengan menggunakan tabel atau
menggunakan pendekatan grafik
§ Menentukan bentuk suatu persamaan kuadrat
berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta melakukan
manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu
ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah
ke dalam bahasa sendiri, diagram, pasangan nilai, table, atau grafik/gambar
yang lebih sederhana, jelas dan lengkap
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model
matematika yang tepat, lengkap dan cukup dari masalah ke dalam bentuk grafik,
ekspresi aljabar, ataupun table hitungan aritmetika
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih
strategi yang tepat (melalui menaksir, mempertajam grafik, manipulasi
aljabar/aritmetika, ataupun cara lainnya) yang tepat untuk menentukan solusi
atau besaran yang dicari dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran
solusinya
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan
menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan persamaan kuadrat
dan yang bukan penerapan persamaan kuadrat
§ Menyelidiki dan menguji bentuk dari
persamaan kuadrat menggunakan contoh
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan
persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan
unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya
KOMUNIKASI
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
(menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok
§ Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
TUGAS
§ resume
ttg pers kuadrat
PORTOFOLIO
§ operasi
dg persamaan kuadrat
TES
§ pers
kuadrat
§ problem
ekspresi aljabar, persamaan kuadrat
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Benda parabo
la
|
||
080312Memahami
konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
080402 Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
|
Perbandingan
|
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara
langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan perbandingan
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami misal: bagaimana perbandingan, skala, rasio penting untuk memodelkan
dan menyelesaikan masalah sehari-hari, dsb
§ Membahas dan diskusi mempertanyakan
berbagai ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal:
apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau
peta, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam diagram dengan
peta dan sebaliknya
EKPLORASI
§ Membahas, mendeskripsikan dan menjelaskan
pecahan biasa, pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai
bentuk gambar, serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk perbandingan atau
proporsi
§ Membahas dan mendeskripsikan strategi
mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling
sederhana
§ Menentukan nilai perbandingan/proporsi
kuantitas benda dengan kuantitas benda dalam suatu kumpulan benda
§ Membahas, mendeskripsikan dan menjelaskan
ciri atau karakteristik serta menentukan nilai perbandingan yang bersifat
seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang
memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk table, grafik dan
persamaan
§ Berlatih menentukan nilai perbandingan,
kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, termasuk
penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan
masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan
§ Mengidentifikasi, mengorganisasi data,
memilih informasi dan konsep yang relevan, merumuskan model matematika
(table, grafik atau persamaan) dan menetapkan strategi yang tepat dalam
menyelesaikan masalah matematika atau masalah sehari-hari
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan
menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan perbandingan
§ Menyelidiki dan menguji sifat
perbandingan (linear, tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh
atau logika berpikir
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan
perbandingan langsung dan tidak langung melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan
menyimpulkan sifat perbandingan berdasar perilaku grafiknya
KOMUNIKASI
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
(menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok
§ Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
TUGAS
§ resume
ttg perbandingan
TES
§ perbandingan
§ Problem
persamaan linear dua variabel
|
3
x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
||
080306 Memahami
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
080307 Memahami
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
080406
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat,
panjang busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
MENGAMATI
§ Mengamati gambar, foto, video atau secara
langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan konsep lingkaran
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami misal: bagaimana konsep dan bentuk lingkaran digunakan oleh manusia
untuk membuat roda, mempermudah gerak benda dsb
§ Membahas dan diskusi mempertanyakan
berbagai ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal:
apa kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis
lingkaran dengan media yang tersedia, dsb
EKPLORASI
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan nilai estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau
memiliki permukaan lingkaran
§ Menggambar atau melukis lingkaran dengan
jangka atau dengan koin serta membahas, mendiskusikan dan menjelaskan
unsur-unsur lingkaran (titik pusat, tali busur, sector, jari-jari, diameter,
busur, tembereng)
§ Melakukan percobaan mengukur diameter dan
keliling berbagai lingkaran untuk menemukan dan menjelaskan nilai rasio atau
perbandingan keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira 3.14
§ Melakukan percobaan dengan memotong
kertas berbentuk lingkaran ke dalam sector-sektor yang kecil serta digabung
menjadi bangun mirip persegi panjang dengan ukuran panjang setengah
kelilingnya dan lebar sebesar jari-jari untuk menemukan rumus luas lingkaran
§ Berlatih menentukan jari-jari, diameter,
keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran
§ Mendikusikan, mendeskripsikan dan
menjelaskan serta menggambar atau mengarsir daerah juring lingkaran dengan
sudut pusat tertentu
§ Melakukan percobaan mengukur berbagai
sudut, panjang busur, dan luas juring untuk menemukan dan menjelaskan bahwa
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah
senilai/seharga/sebanding/linear
§ Berlatih menentukan besar sudut pusat,
panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
masalah lingkaran
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah
ke dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap
§ Membahas, mengidentifikasi, dan
menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang
relevan berkaitan dengan masalah sudut pusat, busur dan juring dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model
atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah
sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih
algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau
penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan sudut pusat, busur dan juring
§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik
kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah sudut pusat,
busur dan juring
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan
menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan konsep lingkaran
atau lainnya
§ Menganalisis dan menyimpulkan rumus
keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan, percobaan
KOMUNIKASI
§ Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
(menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok
§ Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
TUGAS
§ Merancang
dan melakukan percobaan menentukan nilai p
TES
§ Keliling
dan luas, sudut pusat, busur dan juring
§ Problem lingkaran
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud, lingkungan
Alat peraga lingka ran, jangka
|
||
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. Mashuri, M.Pd.
NIP. 19671812 199412 1 002
|
![]() |
Pati, 14 Juli 2014
Guru Mata
Pelajaran
Sata Risdiana, S.Pd,
M.Pd
NIP 19680315 199903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar