KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/
MADRASAH TSANAWIYAH
(MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2. Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
2.3. Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan
bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2. Menjelaskan pengertian himpunan,
himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh
dan bukan contoh
3.3. Menyelesaikan persamaan dan
pertaksamaan linear satu variable
3.4. Memahami konsep perbandingan dan
menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
atau lebih
3.5. Memahami pola dan menggunakannya
untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
3.6. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
3.7. Mendeskripsikan lokasi benda dalam
koordinat Cartesius
3.8. Menaksir
dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan
menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9. Memahami
konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan
objek-objek geometri
3.10. Menemukan
peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
sekelompok data
3.11.
Memahami teknik penyajian data dua variabel
menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah
4.2 Menggunakan konsep aljabar
dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
4.3 Membuat dan menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
4.4 Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan
grafik
4.5 Menyelesaikan permasalahan
dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan
permasalahan nyata
4.7 Menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
4.8 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
4.9 Melakukan percobaan untuk
menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk
tabel dan grafik
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
a. Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
b.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
c.
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan
rasional
3.2
Menentukan nilai variabel persamaan linear dua
variabel dalam konteks nyata
3.3
Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu
variabel yang tidak diketahui
3.4
Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk
relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
3.6
Mengidentifikasi unsur, keliling, dan luas
dari lingkaran
3.7
Menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur,
dan luas juring
3.8
Memahami Teorema Pythagoras melalui alat
peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
3.9
Menentukan luas permukaan dan volume kubus,
balok, prisma, dan limas
3.10
Menggunakan koordinat Cartesius dalam
menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
3.11
Menaksir dan menghitung luas permukaan dan
volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.13
Menemukan peluang empirik dan teoritik dari
data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data nyata
3.14
Memahami teknik penyajian data dua variabel
menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan
komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan
masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan
masalah nyata
4.4
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran
yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
4.5
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan
berbagai masalah
4.6
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik
dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargaidan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
a.
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
b.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
c.
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk
akar dalam suatu permasalahan
3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari
koefisien dan determinannya
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta
mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat
kartesius serta menentukan posisi
relatif terhadap acuan tertentu
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri
melalui pengamatan
3.7
Menentukan luas
selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
3.8
Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan
bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri
dasarnya
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat
prediksi
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari
berbagai jenis data
3.12
Memilih teknik
penyajian data dua variabel dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan
hubungan antar variabel berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
3.13
Memahami konsep
ruang sampel suatu percobaan
3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk
memecahkan suatu permasalahan
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel,
sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan
masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran
yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmatika
4.4
Mengenal pola
bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk
menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
4.6
Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel serta mengambil kesimpulan
4.7
Menerapkan
prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
4.8
Membuat dan
menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar